5 Cara Mengambil Foto Terbaik Dengan Smartphone

Di era zaman sekarang dunia fotografi sangat diminati oleh semua kalangan baik anak muda atau orang tua. Mengabadikan kenangan melalui fotografi adalah salah satu cara menyampaikan perasaan dan pikiran dengan senyap. Ia tidak bersua namun makna yang ada padanya sampai pada relung hati. Ia juga mengajak siapa pun melintasi suatu masa yang pernah terjadi.

Banyak yang bertanya-tanya kamera seperti apa yang layak digunakan untuk mendapatkan bidikan terbaik? seringkali kita dibuat pusing dengan dua pilihan antara DSLR dan SLR bahkan saat ini dibuat ramai dengan adanya Mirrorless.  Bagaimana hasil fotografi itu dikatakan baik? atau foto seperti apa yang memiliki nilai bagus di mata si pengamat? banyak asumsi bahwa foto yang baik dihasilkan melalui kamera DSLR (Digital Lens Reflex) dan SLR (Single Lens Reflex).

Padahal menggunakan kamera handphone juga bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang baik walaupun hasilnya tidak seperti menggunakan kamera DSLR atau SLR.  Salah satu teman saya pernah bilang apa yang disampaikan ayahnya, Bapak Sri Atmo, jangan melihat kamera apa yang di gunakan seseorang tapi lihatlah siapa yang ada di balik kamera itu. Dari sana keyakinan itu mencuat kalau hasil terbaik dari sebuah karya seni fotografi adalah bagaimana intensitas seseorang terhadap rasa yang ia miliki.

1. Memperhatikan Angel

Saya jadi ingat beberapa tahun lalu ketika mengagumi seseorang di dunia fotografi, namanya tidak bisa disebutkan di sini. Dia terlalu istimewa hehe pertanyaan itu masih sama seperti jawaban dari saat ini sering saya terapkan saat membidik banyak hal yaitu memperhatikan angel.

Angel adalah komposisi paling utama dalam mengambil foto yang bagus entah itu dari kamera handphone, SLR atau DSLR. Tujuannya yaitu mengambil sudut tertentu saat mengarahkan kamera pada saat membidik objek.

2. Atur Cahaya Yang Pas

Intensitas cahaya akan menentukan apakah hasil foto akan sesuai kriteria atau tidak. Cahaya yang berlebihan akan membuat objek menjadi semu dan sebaliknya jika minim cahaya juga membuat objek menjadi noise atau buram.

3. Hindari Zoom

Menggunakan zoom pada saat mengarahkan kamera ke objek hanya akan membuat gambar menjadi pecah.

4. Gunakan HDR

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range, yang berfungsi memberi pilihan untuk tidak kehilangan fokus antara subjek dan latar belakang.

5. Pakai Aplikasi Edit Foto

Ada banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa digunakan seperti VSCO, Lightroom, dan Snapneed. Tida aplikasi itu sudah tidak asing lagi bagi para penggemar fotografi profesional atau sekadar hobi. Namun jangan sampai berlebihan ketika menggunakan aplikasi tersebut, cobalah mempelajari semua fitur editing seperti exposure dan lighting agar mendapatkan hasil maksimal. Jika penggunaan fitur aplikasi ini pas maka jarang sekali ada yang bisa membedakan hasil bidikan kamera DSLR, SLR, atau smartphone.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑